Bagaimana Mengatasi Berbagai Pertanyaan Tentang Gaji Selama Wawancara Berlangsung?

Jika ditanya : “Berapa gaji yang anda inginkan ?”, Berikan beberapa perkiraan gaji yang sudah anda ketahui yang sesuai dengan posisi anda, lalu tanyakan kembali padanya, berapa rata-rata gaji yang normalnya diberikan oleh perusahaan – berdasarkan jabatan anda

Jika ditanya : “Berapa gaji yang anda terima pada pekerjaan sebelumnya?”, Katakan pada pewawancara bahwa anda ingin tahu terlebih dahulu apa saja pekerjaan yang harus anda kerjakan, sebelum membicarakan kompensasi, sehingga anda yakin akan mendapatkan kesepakatan berapa sepatutnya yang anda terima.

Jika dikatakan : ”Gaji pada posisi tersebut berkisar antara a hingga b, sebesar itukah yang anda harapkan?”, Katakan pada pewawancara kalau jumlah itu hampir mendekati yang anda harapkan (saya pikir selitar c hingga d). Ingatlah : anda sudah harus yakin dengan kisaran itu, sesuai dengan “penelitian” anda.

Jika dikatakan: “Gajinya sekian rupiah perbulanh”, cobalah untuk tidak terlihat gembira ataupun kecewa. Pikirkan apakah sesuai dengan yang anda inginkan, lalu diam. Berikan waktu bagi pewawancara menaikkan tawarannya. Namun jika ia tidak mengubah tawarannya, cobalah melakukan point no 3 diatas.

~ oleh tipsgawe pada Mei 2, 2006.

Satu Tanggapan to “Bagaimana Mengatasi Berbagai Pertanyaan Tentang Gaji Selama Wawancara Berlangsung?”

  1. Salam Kenal, sy seorang karyawan di bidang SHIPYARD ( Galangan Kapal ) persisnya dalam Dept. Warehouse ( KA.Warehouse ) sy sudah -+ 4 tahun bekerja diperusahaan ini. dan sy merasakan gaji yang diberikan belum sebanding dengan tanggung jawab yang sy emban apalagi kebutuhan hidup sekarang sangat tinggi. Yang ingin sy Tanyakan adalah : 1. Gimana trik dan cara pembukaan pembicaraan dengan atasan ? ( apa sy langsung to the point ). 2. Apa sy jawab apabila atasan menanyakan kisaran gaji yang sy minta ?. 3. Untuk pembicaraan penutup yang lebih bagus seperti apa ?. atas bantuannya sy ucapkankan terimakasih, dan sy tunggu..balasannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: